World time

Nabi Musa

19.03 Posted In Edit This 0 Comments »

Mungkin sekali, tak ada manusia dalam sejarah yang begitu luas dikagumi seperti halnya Nabi Musa, nabi orang Yahudi. Lebih dari itu, selain ketenarannya, juga jumlah pengikut yang memujanya secara pasti terus meningkat sepanjang jaman. Diperkirakan Musa tenar pada abad ke-13 SM, bersamaan sekitar masa Ramses II, dan dianggap pimpinan perpindahan besar-besaran bangsa Israel dari Mesir, wafat tahun 1237 SM. Di masa Musa hidup --seperti dijelaskan dalam buku Exodus-- ada kelompok orang Yahudi yang menentangnya. Tetapi, tak kurang dari lima abad lamanya Musa diagung-agungkan oleh orang-orang Yahudi. Mendekati tahun 400 SM kemasyhuran dan nama baiknya menyebar luas ke seluruh Eropa berbarengan dengan Agama Nasrani. Beberapa abad kemudian Muhammad mengakui Musa sebagai seorang nabi yang sesungguhnya, dan dengan berkembangnya Islam, Musa menjadi pula tokoh yang dikagumi di seluruh dunia Islam (Mesir). Kini, sesudah tiga puluh dua abad terhitung dari masa hidupnya, Musa dihormati oleh orang Yahudi, Nasrani dan Islam sekaligus, dan bahkan juga oleh kaum yang tak mempercayai Tuhan. Berkat kemajuan komunikasi, dia mungkin lebih terkenal sekarang ketimbang di masa lampau.

Di samping ketenarannya, informasi yang bisa dipercayai menyangkut kehidupan Musa tidaklah banyak. Bahkan ada spekulasi (meski tidak diterima oleh sebagian besar ahli ilmu pengetahuan) bahwa Musa itu sesungguhnya orang Mesir, karena namanya berbau Mesir dan bukan Yahudi. (Nama Musa berarti "anak" atau "anak lelaki," dan banyak digunakan sebagai bagian dari banyak firaun. Kitab Perjanjian Lama berisi cerita-cerita tentang Musa yang hampir tak banyak maknanya karena sudah banyak dijejali dengan serba keajaiban. Kisah-kisah tentang Musa dapat menimbulkan malapetaka,tentang Musa bisa mengubah para pembantunya menjadi ular, merupakan contoh-contoh kejadian yang di luar kelaziman alamiah.

Hal-hal macam ini membebani orang dengan kemustahilan sehingga melempangkan jalan agar orang percaya bagaimana Musa yang sudah berumur delapan puluh tahun saat itu berkesanggupan melakukan exodus, memimpin bangsa Yahudi melintasi padang pasir dalam jangka waktu tak kurang dari empat puluh tahun. Sebetulnya kita ingin tahu persis apa sebetulnya yang sudah berhasil diperbuat Musa sebelum kisah-kisahnya terkubur dalam semak-semak dunia dongeng.

Banyak pihak yang berkeinginan melakukan penafsiran yang wajar dari khazanah kisah Injil, misalnya tentang sepuluh wasiat larangan, tentang penyeberangan Laut Merah. Tetapi, paling disenangi dari cerita-cerita Perjanjian Lama menyangkut perikehidupan Musa adalah dongeng-dongengnya yang bisa disejajarkan dengan kisah-kisah mitologi. Cerita Musa tentang tanaman merambat ke atas tak kunjung berakhir amatlah mirip dengan cerita Babylonia, Sargon dan Akkad, raja besar yang memerintah sekitar tahun 2360-2305 SM.

Pada umumnya, ada tiga hasil besar yang dihubungkan dengan perbuatan Musa. Pertama, dia dianggap tokoh politik yang memimpin orang Yahudi melakukan perpindahan besar-besaran dari Mesir. Dalam hal ini, jelas memang dia layak menerima penghargaan itu. Kedua, dia berhasil sebagai penulis jilid pertama dari Panca Jilid Injil (Genesis, Exodus, Leviticus, Numbers dan Deuteronomy), yang sering dikaitkan dengan "Lima buku Musa" dan menyusun Torat Yahudi. Buku ini termasuk Kode Musa, serangkaian hukum yang menjadi dasar tingkah laku kaum Yahudi dalam Injil, termasuk dalam "Sepuluh Perintah Keramat" (Ten Commandments). Dari sudut besarnya pengaruh khususnya Torat dan umumnya Ten Commandments, para penulis tak syak lagi dapat digolongkan orang besar yang punya pengaruh langgeng. Tetapi, umumnya sarjana-sarjana Injil bersepakat bahwa Musa bukanlah satu-satunya penulis buku itu. Buku itu tampaknya ditulis oleh beberapa penulis dan sebagian besar isinya tidak ditulis sebelum wafatnya Musa. Ada kemungkinan Musa memainkan beberapa peranan dalam hal penghimpunan adat kebiasaan Yahudi atau bahkan menggariskan hukum-hukum Yahudi, tetapi tak ada bukti pasti sejauh dan sebesar apa peranan yang dilakukannya.

Kemudian, banyak orang menganggap Musa sebagai pendiri monoteisme Yahudi. Rasanya tidak ada alasan kuat yang bisa menunjang anggapan itu. Satu-satunya sumber informasi kita mengenai ihwal Musa adalah Perjanjian Lama, dan Perjanjian Lama jelas-jelas dan tak meragukan berkaitan dengan Ibrahim selaku pendiri monoteisme. Meskipun begitu, memang benar juga monoteisme Yahudi tak bisa tidak sirna tanpa Musa dan tak perlu dipermasalahkan lagi Musa memang pegang peranan yang menentukan dalam hal memelihara dan menyebarkan. Dalam hal ini, tentu saja, terletak arti penting peranannya yang terbesar sesudah Agama Nasrani dan Islam, dua agama terbesar di dunia yang keduanya bersumber pada monotheisme. Gagasan adanya Tuhan Yang Esa, yang dengan sepenuh hati dipercayai Musa, yang akhirnya menyebar ke sebagian besar dunia.

Christopher Columbus

19.00 Posted In Edit This 0 Comments »


Christopher Colombus, dalam upaya mencari jalan dari Eropa ke Timur, tak sengaja menemui benua Amerika yang membuatnya lebih berpengaruh dalam sejarah dunia, di luar dugaannya sendiri. Penemuannya sekaligus merupakan mahkota eksplorasi dan kolonisasi Dunia Baru dan sekaligus pula merupakan tonggak penting dalam sejarah. Colombus bagaikan membuka pintu bagi bangsa Eropa dua benua untuk pemukiman baru, menyebar penduduk dan menyediakan sumber kekayaan mineral dan isi bumi yang pada gilirannya mengubah wajah Eropa. Berbarengan dengan itu, penemuannya juga mengakibatkan hancurnya kebudayaan bangsa Indian. Dalam jangka panjang, penemuan itu melahirkan satu bangsa baru di benua belahan Barat, yang dengan amat cepatnya membedakan diri dengan bangsa Indian selaku penduduk asli. Walhasil, Colombus membawa perubahan besar bagi bangsa-bangsa di Dunia Lama.

Garis besar kisah Colombus bukan masalah baru. Dia dilahirkan di Genoa, Itali, tahun 1451. Tatkala berangkat dewasa, dia menjadi nakhoda kapal dan seorang navigator yang cekatan. Akhirnya Colombus yakin bukan mustahil menemukan jalan lebih praktis ke daerah Asia di timur dengan cara berlayar ke arah barat melintasi Samudra Atlantik dan dia dengan tekun merintis tekadnya. Tentu saja niat besar ini tidak bakal terlaksana tanpa biaya cukup. Karena itulah Colombus membujuk Ratu Isabella I menyediakan anggaran untuk ekspedisi percobaannya.

Kapalnya melepas sauh pelabuhan Spanyol tanggal 3 Agustus 1492. Melabuh pertama di Kepulauan Canary di lepas pantai Afrika. Membongkar sauh di Kepulauan Canary tanggal 6 September dan berlayar laju arah ke barat. Sebuah pelayaran yang bukan main panjang, sehingga tidak aneh jika para awak kapal merasa ngeri dan kepingin balik saja. Colombus? Tidak! Perjalanan mesti diteruskan, sekali layar terkembang pantang digulung. Dan tanggal 2 Oktober 1492 bagaikan seutas sutera hijau daratan tampak di haluan.

Colombus kembali ke Spanyol bulan Maret berikutnya dari penjelajahan yang dahsyat itu disambut orang dengan penuh penghormatan. Sesudah itu dia melakukan serentetan pelayaran melintas Atlantik dengan harapan menjejakkan kaki di Cina dan Jepang. Tetapi sia-sia! Colombus tetap bersiteguh pada pikirannya bahwa dia sudah menemukan jalur perjalanan ke Asia Timur jauh sebelum orang lain sadar.

Ratu Isabella menjanjikan Colombus jadi gubernur di pulau mana pun yang ditemuinya. Tetapi, selaku administrator dia betul-betul tidak becus sehingga dipecat dari jabatannya dan dikirim pulang ke Spanyol dengan tangan terbelenggu. Tetapi, sesampainya di Spanyol dia dibebaskan hanya saja tak pernah diberi jabatan lagi. Kabar angin mengatakan Colombus mati dalam kemiskinan tanpa ada dana apa pun. Tatkala kematiannya di tahun 1506 --kabar lain lagi-- ada jugalah sedikit harta kekayaannya.


Kapal "Nina," "Pinta" dan "Santa Maria" berlayar menuju Dunia Baru

Jelas, pelayaran pertama Colombus merupakan perubahan revolusioner bagi sejarah Eropa, dan malahan punya pengaruh lebih besar bagi Benua Eropa. Anak-anak sekolah semua menghafal tahun 1492 merupakan tahun penting. Walau begitu masih ada banyak kemungkinan yang keberatan menempatkan nama Colombus dalam urutan daftar buku ini.

Salah satu keberatan adalah karena bukannya Colombus orang Eropa pertama yang menemukan Dunia Baru. Leif Ericson, pelaut Viking, berabad-abad sebelum Colombus sudah menjejakkan kaki di Benua Amerika dan bolehlah dipercaya beberapa orang Eropa lain juga sudah menyeberangi Samudera Atlantik di masa-masa antara Leif Ericson dan Colombus.

Dari sudut sejarah, Leif Ericson bukanlah tokoh penting. Hal-hal menyangkut penemuannya belum pernah tersebar luas, begitu pula tidak meninggalkan perubahan apa pun baik di Amerika maupun Eropa. Sebaliknya, berita penemuan Amerika oleh Colombus menyebar bagai kilat ke seluruh Eropa. Hanya beberapa tahun sekembalinya Colombus, dan sebagai akibat langsung dari penemuannya, banyak ekspedisi tambahan berdatangan di Dunia Baru dan penaklukan serta kolonisasi pun mulailah.

Seperti halnya tokoh-tokoh lain di dalam buku ini, Colombus mudah terkena gangguan pelbagai komentar seakan-akan apa yang ia lakukan orang lain juga lakukan andaikata Colombus tidak pernah hidup di dunia. Eropa abad ke-15 M berada dalam keadaan risau dan berkemelut: dunia perdagangan berkembang, penjelajahan daerah baru tak terelakkan. Bangsa Portugis nyatanya memang aktif amat mencari arus jalan baru ke Timur, pada saat-saat menentukan sebelum Colombus.


"Pendaratan Columbus"oleh John Vanderlyn

Adalah mungkin sekali Amerika cepat atau lambat ditemukan oleh orang Eropa; bahkan mungkin sekali kalaulah ada penundaan, saatnya tidak begitu lama. Tetapi perkembangan berikutnya akan sangat jauh berbeda apabila Amerika ditemukan --katakanlah tahun 1510-- oleh ekspedisi orang Perancis atau Inggris dan bukannya tahun 1492 oleh Colombus. Dengan dalih apa pun memang nyatanya Colombuslah orang yang menemukan benua Amerika.

Kemungkinan keberatan ketiga adalah, bahkan sebelum perjalanan Colombus banyak orang-orang Eropa abad ke-15 yang sudah maklum bahwa sesungguhnya bumi ini bulat bentuknya. Teori ini sudah diungkapkan oleh filosof Yunani berabad-abad sebelumnya, dan pembenaran yang tak tergoyahkan dari hipotesa Aristoteles sudah cukup untuk meyakinkan kaum terpelajar Eropa di tahun 1400-an. Sementara itu, Colombus sendiri tidak terkenal orang yang menunjukkan bahwa bumi ini bulat. (Paling tidak, dia tidak berhasil melakukannya). Dia masyhur dalam hal penemuan Dunia Baru, yang baik orang Eropa abad ke-15 atau Aristoteles tak tahu menahu adanya benua Amerika.

Akhlak Colombus tidaklah sepenuhnya dikagumi. Dia terkenal kikir. Sifat inilah yang menyebabkan dia menghadapi kesulitan memperoleh tunjangan dana dari Ratu Isabella karena Colombus terlampau menampakkan keserakahannya tatkala melakukan tawar-menawar. Juga --walaupun tidak pantas menuduhnya menurut ukuran etika jaman sekarang-- dia memperlakukan orang-orang Indian dengan kekejaman yang sangat. Karena itu, daftar posting ini bukanlah terdiri dari orang-orang yang paling bijak bestari dalam sejarah, melainkan orang yang paling berpengaruh, dan dalam kerangka ukuran ini Colombus menempati urutan nyaris paling atas.

Johann Gutenberg

07.09 Posted In Edit This 0 Comments »


Lazim Johann Gutenberg dianggap penemu mesin cetak. Apa yang sebetulnya dia lakukan adalah mengembangkan metode pertama penggunaan huruf cetak yang bergerak dan mesin cetak dalam bentuk begitu rupa sehingga pelbagai macam materi tulisan dapat dicetak dengan cepat dan tepat.

Tak ada penemuan yang terlompat dari pemikiran seseorang, tidak juga mesin cetak. Segel dan bulatan segel yang pengerjaannya menganut prinsip serupa dengan cetak blok sudah dikenal di Cina berabad-abad sebelum Gutenberg lahir dan suatu bukti menunjukkan bahwa di tahun 868 M sebuah buku cetakan sudah ditemukan orang di Cina. Proses serupa juga sudah dikenal orang di Eropa sebelum Gutenberg. Cetak blok memungkinkan pencetakan banyak eksemplar buku tertentu. Proses ini punya satu kelemahan: karena satu set baru serta komplit dari cukilan kayu atau logam harus dibuat untuk sebuah buku, dengan sendirinya tidaklah praktis untuk mencetak berbagai macam buku.

Sering disebut orang sumbangan terpenting Gutenberg adalah penemuannya di bidang huruf cetak yang bisa bergerak. Dalam perkara ini pun hal serupa sudah diketemukan di Cina sekitar pertengahan abad ke-11 M oleh seorang bernama Pi Sheng. Huruf-huruf cetak aslinya terbuat dari semacam tanah yang tidak bisa tahan lama. Sementara itu beberapa orang Cina dan Korea sudah melakukan serentetan penyempurnaan dan berhasil baik sebelum Gutenberg. Orang-orang Korea menggunakan huruf cetak metal, dan pemerintah Korea membantu sebuah pabrik peleburan untuk memproduksi huruf cetak di awal abad ke-15 M. Lepas dari semua ini, keliru juga jika menganggap Pi Sheng seorang yang punya pengaruh spesial. Pada tingkat pertama, Eropa tidak belajar huruf cetak bergerak dari Cina melainkan atas kreasinya sendiri. Kedua, mencetak dengan cara huruf cetak bergerak belum pernah digunakan secara umum di Cina sendiri sampai baru-baru ini saja tatkala prosedur percetakan modern mereka pelajari dari Barat.

Ada empat komponen esensial cara percetakan modern. Pertama, huruf cetak yang bergerak, berikut beberapa prosedur penyetelan dan peletakan huruf-huruf yang mapan. Kedua, mesin cetak itu sendiri. Ketiga, tinta yang serasi untuk menghasilkan cetakan. Keempat, bahan semisal kertas untuk mencetaknya. Kertas telah diketemukan di Cina bertahun sebelum mesin cetak oleh Ts'ai Lun dan penggunaannya telah tersebar luas di Eropa sebelum jaman Gutenberg. Itulah unsur satu-satunya dari proses cetak Gutenberg yang sudah siap jadi. Meskipun orang lain pernah melakukan macam-macam pekerjaan terhadap tiap-tiap komponen itu, namun Gutenberg telah berhasil melakukan macam-macam penyempurnaan. Misalnya, dia mengembangkan metal logam campuran untuk huruf cetak; menuangkan cairan logam untuk huruf cetak blok secara tepat dan teliti; minyak tinta cetak serta alat penekan yang diperlukan untuk mencetak.


Mesin Cetak Gutenberg

Tetapi, sumbangan pikiran Gutenberg secara keseluruhan lebih besar dari siapa pun juga dalam hal penyempurnaan mesin cetak. Arti pentingnya terutama terletak pada keberhasilannya menggabungkan semua unsur mesin cetak menjadi suatu sistem yang efektif dan produktif. Karena itu mesin cetak, berbeda dengan penemuan-penemuan lain sebelumnya, merupakan proses produksi besar-besaran yang utama. Sepucuk bedil dengan sendirinya jauh lebih efektif ketimbang sebuah busur dan anak panah. Sebuah buku hasil cetakan tak banyak beda dengan sebuah buku hasil tulisan tangan. Kelebihan mesin cetak dengan demikian terletak pada segi produksi besar-besarannya. Apa yang telah dikembangkan oleh Gutenberg bukanlah sebesar sebuah alat atau penemuan akal, dan bukan sekadar serentetan penyempurnaan, melainkan suatu proses produksi lengkap.

Perbendaharaan biografis kita mengenai diri Gutenberg langka sekali, kita hanya tahu dia lahir di Jerman sekitar tahun 1400 M di kota Mainz. Sumbangannya terhadap seni cetak-mencetak terjadi pada pertengahan abad dan pekerjaan terbagusnya --apa yang disebut Injil Gutenberg-- dicetak di Mainz sekitar tahun 1454 M. Anehnya, nama Gutenberg tak pernah tercantum dalam buku mana pun, tidak juga dalam Injil Gutenberg, walaupun jelas dia sendiri yang cetak dengan alat penemuannya.

Gutenberg tidak pernah tampak sebagai seorang usahawan; benar-benar dia tidak punya keinginan dapat uang dari hasil penemuannya. Dia sering terlibat dengan dakwaan pengadilan yang mengakibatkan keharusan baginya membayar tebusan dalam bentuk alat-alat perlengkapannya kepada temannya bernama Johann Fust. Gutenberg wafat tahun 1468 di kota Mainz.


Satu halaman dari kitab Injil Gutenberg yang asli

Salah satu pengaruh Gutenberg dalam sejarah dunia dapat mendatangkan keuntungan jika kita hubungkan dengan perkembangan di Cina dan Eropa di masa-masa berikutnya. Pada saat Gutenberg lahir, kedua daerah itu hampir sama majunya. Tetapi sesudah Gutenberg menemukan mesin cetak Eropa melesat maju dengan cepatnya, sedangkan Cina --yang masih menggunakan cetak blok-- perkembangannya agak lambat. Mungkin berlebihan jika kita bilang perkembangan percetakan satu-satunya faktor yang jadi penyebab perbedaan tingkat kemajuan, tetapi penemuan itu jelas punya arti penting yang tidak bisa disingkirkan.

Juga penting dicatat jika hanya tiga orang dalam daftar buku ini hidup di masa lima abad sebelum Gutenberg sedangkan enam puluh tujuh hidup di masa lima abad sesudah wafatnya Gutenberg. Ini menunjukkan betapa penemuan Gutenberg amat berarti --bahkan bisa disebut suatu penemuan penting-- dalam kaitan penarikan pelatuk revolusi kemajuan jaman modern.

Alexander Graham Bell bahkan boleh saja tidak lahir ke dunia tetapi telepon tetap diketemukan pada saat yang sama dalam sejarah. Begitu juga bisa diambil contoh penemuan-penemuan lain, tanpa Gutenberg, penemuan alat cetak modern akan tertunda beberapa generasi, dan diukur dari hebatnya pengaruh yang ditimbulkannya, tak salah lagi Gutenberg dapat kehormatan tercantum dalam daftar urutan posting ini.

Ts'ai Lun

20.07 Posted In Edit This 0 Comments »

Penemu bahan kertas Ts'ai Lun besar kemungkinan sebuah nama yang asing kedengaran di kuping pembaca. Menimbang betapa penting penemuannya, amatlah mengherankan orang-orang Barat meremehkannya begitu saja. Tidak sedikit ensiklopedia besar tak mencantumkan namanya barang sepatah pun. Ini sungguh keterlaluan. Ditilik dari sudut arti penting kegunaan kertas amat langkanya Ts'ai Lun disebut-sebut bisa menimbulkan sangkaan jangan-jangan Ts'ai Lun sebuah figur tak menentu dan tidak bisa dipercaya ada atau tidaknya. Tetapi, penyelidikan seksama membuktikan dengan mutlak jelas bahwa Ts'ai Lun itu benar-benar ada dan bukan sejenis jin dalam dongeng.

Dia seorang pegawai negeri pada pengadilan kerajaan yang di tahun 105 M mempersembahkan contoh kertas kepada Kaisar Ho Ti. Catatan Cina tentang penemuan Ts'ai Lun ini (terdapat dalam penulisan sejarah resmi dinasti Han) sepenuhnya terus terang dan dapat dipercaya, tanpa sedikit pun ada bau-bau magi atau dongeng. Orang-orang Cina senantiasa menghubungkan nama Ts'ai Lun dengan penemu kertas dan namanya tersohor di seluruh Cina.

Tak banyak yang dapat diketahui perihal kehidupan Ts'ai Lun, kecuali ada menyebut dia itu orang kebirian. Tercatat pula kaisar teramat girang dengan penemuan Ts'ai Lun, dan ia membuatnya naik pangkat, dapat gelar kebangsawanan dan dengan sendirinya jadi cukong. Tetapi, belakangan dia terlibat dalam komplotan anti istana yang menyeret ke kejatuhannya. Catatan-catatan Cina menyebut --sesudah dia disepak-- Ts'ai Lun mandi bersih-bersih, mengenakan gaunnya yang terindah, lantas meneguk racun.


Naskah Gulung

Penggunaan kertas meluas di seluruh Cina pada abad ke-2, dan dalam beberapa abad saja Cina sudah sanggup mengekspor kertas ke negara-negara Asia. Lama sekali Cina merahasiakan cara pembikinan kertas ini. Di tahun 751, apa lacur, beberapa tenaga ahli pembikin kertas tertawan oleh orang-orang Arab sehingga dalam tempo singkat kertas sudah diprodusir di Bagdad dan Sarmarkand. Teknik pembikinan kertas menyebar ke seluruh dunia Arab dan baru di abad ke-12 orang-orang Eropa belajar teknik ini. Sesudah itulah pemakaian kertas mulai berkembang luas dan sesudah Gutenberg menemukan mesin cetak modern, kertas menggantikan kedudukan kulit kambing sebagai sarana tulis-menulis di Barat.

Kini penggunaan kertas begitu umumnya sehingga tak seorang pun sanggup membayangkan bagaimana bentuk dunia tanpa kertas. Di Cina sebelum penemuan Ts'ai Lun umumnya buku dibuat dari bambu. Keruan saja buku macam itu terlampau berat dan kikuk. Memang ada juga buku yang dibuat dari sutera tetapi harganya amat mahal buat umum. Sedangkan di Barat --sebelum ada kertas-- buku ditulis di atas kulit kambing atau lembu. Material ini sebagai pengganti papyrus yang digemari oleh orang-orang Yunani, Romawi dan Mesir. Baik kulit maupun papyrus bukan saja termasuk barang langka tetapi juga harga sulit terjangkau.

Sekarang, entah buku entah barang tulisan lain dapat diprodusir secara murah dan sekaligus dalam jumlah besar-besaran. Ini semua berkat adanya kertas. Memang, arti penting kertas tidaklah begitu menonjol tanpa adanya mesin cetak, tetapi sebaliknya mesin cetak pun tak banyak makna tanpa adanya bahan kertas yang begitu banyak dan begitu murah.

Pertanyaan yang agak musykil sekarang: Siapa yang mesti urutan tingkatnya lebih atas antara Ts'ai Lun dan Gutenberg? Meskipun ruwet juga saya menentukan siapa diantara kedua orang ini berhubung sama-sama pentingnya, tetapi akhirnya saya ambil putusan tingkat Ts'ai Lun sedikit lebih tinggi dalam urutan ketimbang Gutenberg. Alasan-alasan saya begini: (1) Kertas digunakan banyak sekali semata-mata untuk bahan tulisan. (2) Ts'ai Lun mendahului Gutenberg dan Gutenberg mungkin tak terpikirkan bikin mesin cetak kalau saja kertas tidak diketemukan. (3) Andaikata hanya salah satu dari mereka melakukan ciptaan, saya duga tanpa mesin ciptaan Gutenberg pun buku-buku masih bisa diprodusir lewat sistem cetak blok (yang sudah lama dikenal orang jauh sebelum Gutenberg) lewat kombinasi kertas daripada lewat kombinasi dengan kulit domba.

Apakah pada tempatnya memasukkan baik Ts'ai Lun maupun Gutenberg dalam urutan orang-orang yang paling berpengaruh di dunia? Untuk menyelami arti penting yang sempurna tentang penemuan kertas dan mesin cetak, sangatlah perlu memahami perkembangan kebudayaan Barat dan Cina. Sebelum masuk abad ke-2 M kebudayaan Cina masih dalam tarap lebih rendah ketimbang kebudayaan Barat. Tetapi pada tahun-tahun seribuan Masehi, kemajuan-kemajuan Cina sudah melebihi Barat bahkan di abad ke-7 dan ke-8 kebudayaan Cina dalam banyak segi merupakan kebudayaan termaju di dunia. Sesudah abad ke-15 M, Barat ngebut meninggalkan Cina di belakang. Pelbagai penyelesaian kultural mengenai perubahan-perubahan ini telah banyak dikembangkan, tetapi pelajaran teori tampaknya mengabarkan satu segi penting yang justru menurut saya sekedar suatu penjelasan yang tersederhana sifatnya.


1. Memotong bambu dari rumpunnya


2. Merendam bambu dalam air


3. Memotong bambu kecil-kecil


4. Melumat potongan bambu


5. Menyaring bubur bambu


6. Pencampuran dengan kapur


7. Pembentukan pulp-kertas


8. Pengeringan


9. Penghalusan


10. Pewarnaan lembaran kertas


11. Penjilidan


Tentu saja benar, pertanian dan tulis-menulis berkembang lebih dulu Timur Tengah ketimbang Cina. Tetapi hal ini bukanlah suatu jawaban apa sebab kebudayaan Cina begitu lambat dan berada di belakang Barat. Satu masalah muskil, menurut hemat saya, adalah sebelum adanya Ts'ai Lun tak ada satu tulisan bermutu pun di Cina. Di dunia Barat papyrus sudah ada, dan meskipun bahan itu mengalami kemunduran, tulisan dalam bentuk gulungan tak terbatas jumlahnya dan buku-buku lebih baik kualitasnya daripada ditulis di atas kayu atau bambu. Kekurangan bahan untuk menulis merupakan faktor penghambat utama kemajuan kebudayaan Cina. Seorang sarjana Cina memerlukan satu gerobak untuk membawa sejumlah buku yang dianggapnya bermanfaat. Bayangkan saja betapa berabenya berusaha mengatur administrasi pemerintahan dengan keadaan seperti itu.

Penemuan kertas oleh Ts'ai Lun merombak total keadaan itu. Dengan sejumlah bahan-bahan tulisan yang ada, kebudayaan Cina melonjak naik begitu cepat sehingga hanya dalam beberapa abad sudah mampu mengimbangi Barat. Tentu, perpecahan politik di Barat menjadi sebab penting, tetapi ini sama sekali bukan sebab utama. Di abad ke-4 M Cina pun secara politis terpecah-pecah, tetapi biar begitu kebudayaan tetap maju dengan cepatnya. Dalam abad-abad berikutnya, tatkala kemajuan di Barat tersendat-sendat, Cina justru berhasil meraih penemuan-penemuan penting seperti kompas, bahan peledak,dan cara mencetak dengan blok. Sejak kertas jatuh lebih murah ketimbang kulit kambing serta dapat diperoleh dalam jumlah besar, keadaan sekarang terbalik.

Sesudah orang-orang Barat mulai menggunakan kertas, mereka mampu duduk berhadapan dengan Cina, bahkan berhasil menyempitkan jurang pemisah kultural. Tulisan-tulisan Marco Polo menekankan keyakinannya bahwa bahkan di abad ke-13 M Cina berada jauh di atas Eropa dalam hal kemakmuran.

Mengapa selanjutnya Cina berada di belakang Eropa? Berbagai penjajagan kultural yang njlimet telah dicoba, tetapi mungkin pengamatan teknologi yang sederhana dapat menemukan jawabannya. Di abad ke-15 di Eropa, seorang genius bernama Johann Gutenberg menemukan cara memproduksi buku sebanyak-banyaknya. Akibat penemuan itu, kultur Eropa maju dengan pesat. Karena Cina tidak punya orang seperti Gutenberg, Cina tetap bertahan pada sistem pencetakan blok sehingga perkembangan kulturnya merangkak lebih lambat.

Apabila orang menerima analisa di atas, dia tidak bisa tidak harus menerima kesimpulan bahwa Ts'ai Lun dan Gutenberg adalah dua manusia yang merupakan tokoh sentral dalam sejarah dunia.

Memang, Ts'ai Lun berada di barisan paling depan dari penemu-penemu lain karena beberapa alasan. Umumnya penemuan-penemuan merupakan produk dari jamannya dan bisa juga terjadi biarpun orang yang betul-betul menemukannya tak pernah hidup samasekali. Tetapi, keadaan ini samasekali tidak berlaku pada masalah kertas. Orang-orang Eropa tidak mulai memproduksi kertas beribu-ribu tahun sesudah Ts'ai Lun. Mereka baru terbuka pikiran dan membikinnya sesudah belajar proses pembikinannya dari orang Arab. Dalam hubungan ini, biarpun orang sudah menyaksikan bagaimana orang Cina memproduksi kertas, bangsa-bangsa Asia lainnya tak pernah punya kemampuan memproduksinya. Jadi jelaslah, penemuan cara memproduksi kertas bukanlah pekerjaan gampang, tak bisa begitu saja bisa dilaksanakan oleh kebudayaan maju yang serba tanggung, melainkan erat kaitannya dengan sumbangan pikiran dari perseorangan yang punya kelebihan luar biasa. Ts'ai Lun adalah model orang macam itu, dan cara membikin kertas yang dilakukannya (disamping modernisasi yang diperkenalkan sekitar tahun 1800 M) pada dasarnya sama serupa apa yang dilakukan orang hingga kini.

Inilah alasan mengapa saya menempatkan baik Ts'ai Lun maupun Gutenberg kedua-duanya dalam urutan kesepuluh pertama orang berpengaruh dalam buku ini, dengan menempatkan Ts'ai Lun lebih atas ketimbang Gutenberg.



Kong Hu – Cu

20.20 Posted In Edit This 0 Comments »
Tak salah lagi, Kong Hu-Cu seorang filosof besar Cina. Dan tak salah lagi, dialah orang pertama pengemban system memadukan alam pikiran dan kepercayaan orang Cina yang paling mendasar. Filosofinya menyangkut moralitas orang perorang dan konsepsi suatu pemerintahan tentang cara-cara melayani rakyat dan memerintahnya lewat tingkah laku teladan telah menyerap jadi darah daging kehidupan dan kebudayaan orang Cina selama lebih dari dua ribu tahun. Lebih dari itu, juga berpengaruh terhadap sebagian penduduk dunia lain.

Lahir sekitar tahun 551 sm di ktoa kecil Lu, kini masuk wilayah propinsi Shantung di timur laut daratan Cina. Dalam usia muda ditinggal mati ayahnya, membuat hidupny a sengsara di samping ibunya. Waktu berangkat dewasa dia jadi pegawai negeri kelas teri tapi sesudah selang beberapa tahun dia memutuskan mendingan copot diri saja. Sepanjang enam belas tahun berikutnya Kong Hu-Cu jadi guru, dikit demi dikit mencari pengaruh dan pengikut anutan filosofinya. Menginjak umur lima puluh tahun bintangnya mulai bersinar karena dia dapat kedudukan tinggi di pemerintahan kota Lu.

Sang nasib baik rupanya tidak selamanya ramah karena orang-orang yang dengki dengan ulah ini dan ulah itu menyeretnya ke pengadilan sehingga bukan saja berhasil mencopotnya dari kursi jabatan tapi juga membuatnya meninggalkan kota. Tak kurang dari tiga belas tahun lamanya Kong Hu-Cu berkelana ke mana kaki melangkah, jadi guru keliling, baru pulang ke rumah asal lima tahun sebelum wafatnya tahun 479 SM.
Kong Hu-Cu kerap dianggap selaku pendiri sebuah agama; anggapan ini tentu saja meleset. Dia jarang sekali mengkaitkan ajarannya dengan omongan-omongan yang berhubungan dengan soal-soal metafisika. Dia tak lebih dan tak kurang seorang filosof sekuler, Cuma berurusan dengan masalah-masalah moral politik dan pribadi serta tingkah laku akhlak.

Ada dua nilai yang teramat penting, kata Kong Hu-Cu, yaitu “Yen” dan “Li”. “Yen” sering diterjemahkan dengan kata “cinta”, tapi sebetulnya lebih karena diartikan “Keamah-tamahan dalam hubungan dengan seseorang. “Li” dilukiskan sebagai gabungan antara tingkah laku, ibadah. Adat kebiasaan, tatakrama dan sopan santun.

Pemujaan terhadap leluhur, dasar bin dasarnya kepercayaan orang Cina bahkan sebelum lahirnya Kong Hu-Cu, lebih diteguhkan lagi dengan titik berat kesetiaan kepada sanak keluarga dan penghormatan terhadap orang tua. Ajaran Kong Hu-Cu juga menggaris bawahi arti penting kemestian seorang istri menaruh hormat dan taat kepada suami serta kemestian serupa dari seorang warga kepada pemerintahannya. Ini agak berbeda dengan cerita-cerita rakyat Cina yang senantiasa menentang tiap bentuk tirani. Kong Hu-Cu yakin, adanya Negara itu tak lain untuk melayani kepentingan rakyat, bukan terputar balik. Tak jemu-jemunya Kong Hu-Cu menekankan bahwa penguasa mesti memerintah pertama-tama berlandaskan beri contoh teladan yang moralis dan bukannya lewat main keras dan kemplang. Dan salah satu hukum ajarannya sedikit mirip dengan “Golden Rule”-nya Nasrani yang berbunyi :”Apa yang kamu tidak suka orang lain berbuat terhadap dirimu, jangan lakukan”.

Pokok pandangan utama Kong Hu-Cu dasarnya teramat konservatif. Menurut hematnya, jaman keemasan sudah lampau, dan dia menghimbau baik penguasa maupun rakyat supaya kembali asal, berpegang pada ukuran moral yang genah, tidak ngelantur. Kenyataan yang ada bukanlah perkara yang mudah dihadapi. Keinginan Kong Hu-Cu agar cara memerintah bukan main bentak, melainkan lewat tunjukkan suri teladan yang baik tidak begitu lancar pada awal-awal jamannya. Karena itu, Kong Hu-Cu lebih mendekati seorang pembaharu, seorang innovator ketimbang apa yang sesungguhnya jadi idamannya.

Kong Hu-Cu hidup di jaman dinasti Chou, masa menyuburnya kehidupan intelektual di Cina, sedangkan penguasa saat itu tidak menggubris sama sekali petuah-petuahnya. Baru sesudah dia wafatlah ajaran-ajarannya menyebar luas ke seluruh pojok Cina.

Berbetulan dengan munculnya dinasti Ch’in tahun 221 SM, mengalami masa yang amat suram. Kaisar Shih Huang Ti, kaisar pertama dinasti Ch’ing bertekat bulat membabat habis pengaruh Kog Hu-Cu dan memenggal mata rantai yang menghubungi masa lampau. Dikeluarkannya perintah harian menggencet lumat ajaran-ajaran Kong Hu-Cu dan menggerakkan baik spion maupun tukang pukul dan pengacau professional untuk melakukan penggeledahan besar-besaran, merampas semua buku yang memuat ajaran Kong Hu-Cu dan dicemplungkan ke dalam apiunggun sampai hancur jadi abu. Kebejatan berencana ini rupanya tidak juga mempan. Tatkala dinasti Ch’in mendekati saat ambruknya, penganut-penganut Kong Hu-Cu bangkit kembali bara semangatnya dan mengobarkan lagi doktrin Kong Hu-Cu. Di masa dinasti berikutnya (dinasti Han tahun 206 SM – 220 M) Confucianisme menjadi filsafat resmi Negara Cina.

Mulai dari masa dinasti Han, kaisar-kaisar Cina setingkat demi setingkat mengembangkan system seleksi bagi mereka yang ingin menjadi pegawai negeri dengan jalan menempuh ujian agar yang jadi pegawai negeri jangan orang serampangan melainkan punya standar kualitas baik keterampilan maupun moralnya. Lama-lama seleksi makin terarah dan berbobot; mencantumkan mata uji filosofi dasar Kong Hu-Cu. Berhubung jadi pegawai negeri itu merupakan jenjang tangga menuju kesejahteraan material dan keterangkatan status social, harap dimaklum apabila di antara para peminat terjadi pertarungan sengit berebut tempat. Akibat berikutnya, bergenerasi-generasi pentolan-pentolan intelektual Cina dalam jumlah besar-besaran menekuni sampai mata berkunang-kunang khazanah tulisan-tulisan klasik Kong Hu-Cu. Dan, selama berabad-abad seluruh pegawai negeri Cina terdiri dari orang-orang yang pandangannya berpijak pada filosofi ong Hu-Cu. Selain ini (dengan hanya sedikit selingan) berlangsung hampir selama dua ribu tahun, mulai tahun 100 SM sampai 1900 M.
Tapi, confucianisme bukanlah semata filsafat resmi pemerintahan Cina, tapi juga diterima dan dihayati oleh sebagian terbesar orang Cina, berpengaruh sampai ke dasar-dasar kalbu mereka, menjadi pandu arah berfikir selama jangka waktu lebih dari dua ribu tahun.


Ada beberapa sebab mengapa Confucianisme punya pengaruh yang begitu dahsyat pada orang Cina. Pertama, kejujuran dan kepolosan Kong Hu-Cu tak perlu lagi diragukan lagi. Kedua, dia seorang yang moderat dan dilaksanakan orang. Jika Kong Hu-Cu kepingin seorang jadi terhormat orang itu tidak usah bersusah payah menjadi orang suci terlebih dahulu. Dalam hal ini, seperti dalam hal ajaran-ajarannya yang lain, dia mencerminkan dan sekaligus menterjemahkan watak praktis orang Cina. Segi inilah kemungkinan yang menjadi factor terpokok kesuksesan ajaran Kong Hu-Cu. Kong Hu-Cu tidaklah meminta keliwat banyak, misalnya dia tidak minta orang Cina menukar dasar-dasar kepercayaan lamanya. Malah kebalikannya, Kong Hu-Cu ikut menunjang dengan bahasa yang jelas bersih agar mereka tidak perlu beringsut. Tampaknya, tidak ada seorang filosof manapun di dunia yang begitu dekat bersentuhan dalam hal pandangan-pandangan yang mendasar dengan penduduk seperti halnya Kong Hu-Cu.

Confucianisme – yang menekankan rangkaian kewajiban-kewajiban yang ditujukan kepada pribadi-pribadi ketimbang menonjolkan hak-haknya – rasanya sukar dicerna dan kurang menarik bagi ukuran dunia barat. Sebagai filosofi kenegaraan tampak luar biasa efektif. Dikukur dari sudut kemampuan melihat kerukunan dan kesejahteraan dalam negeri Cina dalam jangka waktui tak kurang dari dua ribu tahun, jelaslah dapat disejajarkan dengan bentuk-bentuk pemerintahan terbaik di dunia.

Gagasan filosofi Kong Hu-Cu yang berakar dari kultur Cina, tidaklah berpengaruh banyak di luar wilayah Asia Timur. Di Korea dan Jepang memang kentara pengaruhnya dan ini disebabkan kedua negeri itu memang dipengaruhi sangat oleh kultur Cina.
Saat ini Xonfucianisme berada dalam keadaan guram di Cina. Masalahnya pemerintah Komunis berusaha sekuat tenaga agar kaitan alam pikiran penduduk dengan masa lampau terputus sama sekali. Dengan gigih dan sistematik Confucianisme digempur habis lenyap dari bumi Cina. Teapi karena di masa lampau, akar tunggang Confucianisme begitu dalam menghujam di bumi Cina, bukan mustahil – entah seratus atau seratus lima puluh tahun yang akan datang – beberapa filosof Cina sanggup mengawinkan dua gagasan besar. Confucianisme dan ajaran-ajaran Mao Tse-Tungg.

ST. Paul

19.51 Posted In Edit This 0 Comments »

Rasul” Paul, sejalan tapi lebih muda sedikit dari Nabi Isa, tak syak lagi penyebar Agama Nasrani yang paling terkemuka. Pengaruhnya dalam teologi Kristen jelas menunjukkan yang paling mantap, paling berjangkau jauh disbanding semua penulis dan pemikir Kristen lainya.

Paul, juga terkenal dengan panggilan Saul, dilahirkan di Tarsus, sebuah kota di Cilicia (kini Turki), beberapa tahun sebelum tiba era Kristen. Biarpun seorang warga Romawi, dia lahir sebagai Yahudi, pendalam bahasa Ibrani di masa muda dan peroleh pendidikan mendalam perihal ke – Yahudian, dia juga belajar dagang dan bikin kemah. Selaku pria remaja dia berangkat ke Darussalam bekerja di bawah bimbingan pendeta Gamaliel, seorang guru Yahudi kenamaan. Walaupun Paul dan Isa berbarengan ada seorang guru Yahudi kenamaan. Walaupun Paul dan Isa berbarengan ada di Darussalam saat itu, tapi amat diragukan keduanya pernah bertemu muka.

Sesudah “mangkat”nya Isa, orang-orang Kristen dianggap selaku pembangkang dan karenanya digasak habis-habisan. Mula-mula Paul ikut mengahtam, tapi dalam perjalanan menuju Damsyik di matanya seakan terbayang Isa berbicara dengannya dan segera Paul masuk Nasrani. Ini merupakan titik balik penting dalam kehidupan pribadinya. Ika dulunya jadi lawan dan tukang gebuk orang Kristen, kini dia berubah menjadi penyebar dan penganjur paling gigih dan paling berpengaruh untuk kepentingan Agama Nasrani.

Paul menghabiskan sisa hidupnya dengan menulis dan memperdalam ke-Kristenan dan meraih banyak pemeluk berbondong-bondong memasuki Agama Nasrani. Selama kegiatan dakwahnya dia melakukan perjalanan kian kemari secara kerap, baik ke Asia Kecil, Yunani, Suriah dan Palestina. Menghadapi orang-orang Yahudi Paul tidak keliwat sukses, bahkan lebih sering menimbulkan pertentangan dan dalam banyak peristiwa jiwanya sring terancam. Khotbah menghadapi orang-orang non Yahudi, Paul teramatlah menonjolnya dan perolehan sukses besar sehingga sering dia diberi julukan “Rasul orang non – Yahudi” Tak seorang pun bisa mengungguli kehebatan Paul dalam penyebaran Agama Nasrani.

Sesudah menyelesaikan tiga kali perjalanan panjang menyebar agama di dalam wilayah bagian timur Kekaisaran Romawi, Paul kembali ke Darussalam. Apa lacur, begitu sampai begitu diamankan, dan diboyong ke Roma ke depan pengadilan. Sejarah tak begitu jelas mencatat bagaimana ujung pengadilan itu, bahkan tak jelas pula apakah sejak itu dia pernah dapat meninggalkan Roma. Akhirnya, diperkirakan tahun 64 M Paul dibunuh dekat kota Roma.

Pengaruh Paul dalam perkembangan Agama Nasrani dapat diukur dari tiga hal. Pertama, sukses besarnya dalam penyebaran agama. Kedua, tulisan-tulisannya yang menyusun bagian-bagian penting Perjanjian Baru. Ketiga, peranannya dalamhal pengembangan teologi Kristen.

Dari 27 buku perjanjian baru, tak kurang 14 dihubungkan dengan jasa Paul. Meskipun ilmuwan modern berpendapat 4 atau 5 buku dari 14 itu ditulis oleh orang lain, namun tak diragukan lagi bahwa Paullah orang terpenting secara pribadi menulis Pejanjian Baru.

Pengaruh Paul di bidang teologi Kristen betul-betul tak terperikan besarnya. Ide-idenya termasuk hal-hal sebagai berikut: Isa tidak Cuma nabi yang mengesankan tapi juga suci. Isa wafat demi dosa-dosa kita dan penderitanya dapat membebaskan kita. Manusia tidak bisa melepaskan diri dari dosa-dosa hanya dengan mencoba melaksanakan perintah-perintah yang tertera dalam Injil, tapi hanya bisa dengan jalan menerima Isa sepenuh jiwa. Sebaiknya, apabila manusia menerima dan percaya Isa, segala dosa-dosanya akan dimaafkan. Paul juga menjelaskan doktrin-doktrinnya mengenai ihwal dosa.

Karena kepatuhan kepada hukum semata tidak cukup untuk menjamin kebebasan, Paul menegaskan bahwa tak ada gunanya memeluk Agama Nasrani seraya tetap bersiteguh di soal batasan-batasan Yahudi apa yang boleh dimakan dan apa yang tidak, serta percuma saja jika masih mengamalkan aturan-aturan Musa atau maih disunat. Beberapa pemuka-pemuka Kristen saat itu menentang keras pendapat Paul dalam segi ini. Dan andaikata sikap mereka menyebar luas, sangatlah disangsikan Agama Nasrani bisa berkembang begitu cepat di seluruh kekaisaran Romawi.

Paul tak pernah kawin, walaupu tak ada cara membuktikannya, jelas Paul tak pernah adakan hubungan kelamin dengan wanita. Pandangannya mengenai seks dan wanita sudah terikat dengan kitab suci, karena itu membawa pengaruh besar pada sikap-sikapnya di belakang hari. Dalilnya yang msyhur dalam kaitan ini tercantum dalam (I Corinthians 7 : 8 – 9) yang bunyinya “Kuserukan kepada para lelaki yang tak kawin dan para janda aalah baik bagi mereka jika mereka mematuhi patuahku dan menyontoh ihwal diriku. Tapi jika mereka tak bisa bertahan, biarkanlah mereka kawin karena bagaimanapun kawin itu masih lebih baik daripada dibakar”.

Paul juga punya pendirian yang tegas mengenai status wanita yang layak: “Biarkanlah wanita-wanita itu belajar apa saja secara diam-diam dan saya tidak merasa risau apabila mereka juga mengajar ataupun oleh sebab satu dan lain hal menguasai kaum pria, asal saja secara diam-diam. Soalnya karena Adamlah yang menyebabkan adanya Hawa” (I Timoty 2 : 11 – 13). Sikap yang lebih tegas dikemukanan pula dalam I Corinthias 11 : 7 – 9. Memang kalimat-kalimat Paul sudah pernah jadi pendapat banyak tokoh sejamannya. Yang perlu dicatat adalah Isa sendiri tak pernah tampil dengan pernyataan-pernyataan serupa itu.

Paul, lebih dari orang-orang lainnya, bertanggung jawab terhadap peralihan Agama Nasrani dari sekte Yahudi menjadi agama besar dunia. Ide sentralnya tentang kesucian Isa dan pengakuan berdasar kepercayaan semata tetap merupakan dasar pemikiran Kristen sepanjang abad-abad berikutnya.

Belakangan semua teolog Kristen, termasuk Augustine, Aquinas, Luther dan Calvin, semua terpengaruh oleh tulisan-tulisan Paul. Begitu mendalamnya pengaruh Paul sampai-sampai banyak sarjana beranggapan Paul-lah yang jadi pendiri Agama Nasrani, dan bukannya Isa. Tentunya anggapan ini keliwt berlebihan. Biar bagaiman, tarolah pengaruh Paul tidak disejajarkan dengan Isa, yang sudah psti dia jauh lebih hebat dari pemikir Nasrani yang manapun juga.

Buddha

03.44 Posted In Edit This 0 Comments »

Siddhartha Gautama (Sanskrit; Pali: Siddhattha Gotama) adalah seorang rohani guru dari India kuno dan pendiri Buddhisme. Ia biasanya terlihat oleh Buddha sebagai Agung Budha (Sammāsambuddha) dari usia kami. Waktu kelahiran dan kematian yang pasti: paling awal abad ke-20. Sejarahwan tanggal nya dari masa c. 563 SM ke 483 SM; lebih baru-baru ini, namun pada spesialis simposium untuk pertanyaan ini, sebagian besar orang-orang yang ahli disajikan pasti memberi pendapat tanggal 20 tahun baik di samping 400 SM Buddha untuk kematian, dengan orang lain yang mendukung atau lambat tanggal sebelumnya.

Gautama, juga dikenal sebagai Shakyamuni atau Śākyamuni ( "sage of Shakyas"), adalah tokoh kunci dalam Buddhisme, dan account hidupnya, wacana, dan monastik aturan yang diyakini oleh Buddha telah diringkas setelah wafatnya dan memorized oleh-Nya pengikutnya. Berbagai koleksi dikaitkan dengan ajaran Gautama telah lulus bawah oleh tradisi lisan, dan pertama berkomitmen untuk menulis sekitar 400 tahun kemudian. Westerners sebelumnya cenderung menerima biografi Buddha disajikan dalam kitab-kitab Buddha, tetapi "ulama semakin enggan untuk membuat lengkap klaim tentang sejarah fakta dari Buddha kehidupan dan ajaran.


Kehidupan

Utama sumber-sumber informasi tentang kehidupan Siddhartha Gautama adalah Buddha teks. Buddha dan rahib menghabiskan empat bulan setiap tahun membahas rehearsing dan ajaran-Nya, dan setelah kematiannya ia rahib mengatur tentang pelestarian mereka. J dewan dilaksanakan segera setelah kematiannya, dan lain diselenggarakan satu abad kemudian. Saat ini dewan rahib yang berusaha untuk membangun dan mengotentikasi account yang wujud dari kehidupan dan ajaran Buddha berikut peraturan sistematis. Mereka dibagi ke dalam ajaran berbeda tetapi tumpang tindih badan bahan, dan rahib yang ditugaskan khusus untuk menjaga masing-masing. Dari kemudian, ajaran yang dikirimkan secara lisan. Dari internal tampaknya bukti jelas bahwa tertua teks crystallized menjadi bentuk mereka saat ini pada saat kedua dewan atau segera setelah itu. [Kutipan diperlukan] kitab-kitab yang tidak tertulis bawah sampai tiga atau empat ratus tahun setelah kematian Buddha. Dengan ini, yang rahib telah diubah atau ditambah beberapa bahan itu sendiri, khususnya magnifying angka dari Buddha.

Kuno India tidak peduli dengan chronologies, yang jauh lebih terfokus pada filosofi. Teks Buddha yang mencerminkan kecenderungan ini, dan kami memiliki gambaran jelas apa yang mungkin memiliki pemikiran Shakyamuni dari dari tanggal dari peristiwa dalam hidupnya. Teks-teks ini berisi penjelasan tentang budaya dan kehidupan sehari-hari dari India kuno yang dapat Corroborated dari Jain kitab-kitab, dan membuat Budha dari waktu paling awal periode dalam sejarah India yang besar account ada. Menurut Michael Carrithers, ada baik alasan keraguan tradisional ke account, namun garis besar dari "kelahiran, jatuh tempo, penolakan, mencari, kesadaran dan kemerdekaan, pengajaran, kematian" harus benar.

kelahiran
Siddhartha lahir di Lumbini dan dibesarkan di kerajaan kecil atau kerajaan yang Kapilvastu, baik yang modern di Indonesia. Budaya, hal ini dapat dianggap sebagai bagian dari luas wilayah India Kuno. Gautama adalah nama keluarga. Ibunya, Ratu Maha Maya (Māyādevī) Suddhodana dan istri, adalah Koliyan princess. Pada malam itu disusun Siddhartha, Ratu Maya bermimpi bahwa gajah putih dengan enam putih tusks dimasukkan dia kanan, dan sepuluh lunar bulan kemudian Siddhartha dilahirkan. Seperti yang Shakya tradisi, ketika ibunya Ratu Maya menjadi hamil, dia kiri Kapilvastu untuk ayahnya kerajaan untuk melahirkan. Namun, dia memberi kelahiran di jalan, di Lumbini, di sebuah taman di bawah sebuah sal pohon.
Hari kelahiran Buddha dirayakan secara luas di Theravada negara sebagai Vesak.Berbagai sumber yang terus Buddha dari ibu meninggal di kelahiran, beberapa hari atau tujuh hari kemudian. Bayi yang diberi nama Siddhartha (Pali: Siddhatta), yang berarti "dia yang mencapai tujuan-Nya". Hal ini terjadi setelah ia Siddhartha ditempatkan di kaki Asita rambut dan Asita diperiksa di birthmarks. Suddhodarna mengadakan upacara penamaan pada hari kelima, dan mengundang delapan Brahmin ulama untuk membaca masa depan. Kaundinya (Pali: Kondanna), yang bungsu, dan kemudian menjadi yang pertama arahant, adalah satu-satunya yang dgn tegas memprediksikan bahwa Siddhartha akan menjadi Budha.
Sementara waktu tradisi dan legenda ciri Śuddhodana sebagai turun temurun raja, keturunan yang Solar dari Dinasti Ikṣvāku (Pali: Okkāka), banyak ilmuwan yakin bahwa Śuddhodana adalah ketua dipilih dari suku persekutuan.

kehidupan dan perkawinan
Siddhartha, yg diperuntukkan untuk hidup mewah sebagai raja, telah tiga istana (untuk pekerjaan musiman) khususnya dibangun untuk dia. Ayahnya, Raja Śuddhodana, Siddhartha ingin untuk menjadi raja besar, tameng anaknya dari ajaran agama atau pengetahuan manusia menderita. Siddhartha dibawa oleh ibunya adik, Maha Pajapati
Sebagai anak mencapai usia 16, ayahnya itu perkawinan diatur ke Yaśodharā (Pali: Yasodharā), yang merupakan sepupu dari usia yang sama. Walaupun ini adalah account biasa, sebuah sumber awal membuat keraguan mengenai historicity orang menikah hidup. Menurut account biasa, dalam waktu, ia telah melahirkan seorang anak laki-laki, Rahula. Siddhartha menghabiskan 29 tahun sebagai Pangeran di Kapilavastu. Walaupun ayahnya menjamin bahwa Siddhartha diberikan segala sesuatu yang dapat diinginkan atau perlu, Siddhartha merasa bahwa kekayaan materi adalah bukan tujuan akhir kehidupan.

Pada usia 29, ia Siddhartha kiri istana untuk memenuhi mata pelajaran itu. Walaupun ayahnya upaya untuk menghapus sakit, usia dan menderita dari masyarakat melihat, Siddhartha itu telah berkata kepada orang tua. Terganggu oleh ini, ketika diberitahu bahwa semua orang akan menjadi tua oleh para pengendara kereta Channa, pangeran yang pergi lebih jauh tentang perjalanan di mana dia menemui, berbagai cara, yang sakit itu, yang pembusukan mayat, dan ascetic. Sangat tertekan oleh pemandangan ini, ia berusaha untuk mengatasi usia lanjut, penyakit, dan kematian oleh hidup kehidupan yang ascetic.

Siddhartha escape his istana, didampingi oleh Channa aboard his horse Kanthaka, meninggalkan di belakang kerajaan kehidupan ini untuk menjadi orang miskin. Dikatakan bahwa, "orang yg telah hooves redam oleh allah" [14] untuk mencegah dari penjaga mengetahui Bodhisatta dari keberangkatan. Acara ini biasanya disebut "The Great keberangkatan".
Siddhartha pada awalnya pergi ke Rajagaha dan mulai hidup oleh-Nya ascetic kemelaratan-minta di jalan. Yang telah diakui oleh orang-orang Raja Bimbisara, Bimbisara ditawarkan kepadanya takhta setelah mendengar dari Siddhartha's quest. Siddhartha menolak tawaran tersebut, namun dia berjanji akan mengunjungi kerajaan Magadha terlebih dahulu, setelah mencapai pencerahan.
Siddhartha meninggalkan Rajagaha dan dipraktekkan di bawah dua hermit guru. Setelah mastering ajaran Alara Kalama, Siddhartha diminta oleh Kalama untuk berhasil dia, tapi setelah dipindahkan pada tdk puas dengan praktek. Dia kemudian menjadi mahasiswa Udaka Ramaputta, namun walaupun dia mencapai tinggi tingkat kesadaran yg merenungkan dan diminta untuk mensukseskan Ramaputta, ia masih tidak puas dengan jalan, dan pada dipindahkan.
Siddhartha dan sekelompok lima sahabat-sahabatnya yang dipimpin oleh Kondanna kemudian ditetapkan untuk mengambil austerities bahkan mereka lebih lanjut. Mereka berusaha mencari pencerahan melalui dekat total kerugian dari barang-barang duniawi, termasuk makanan, melatih diri-malu. Setelah hampir mati kelaparan sendiri oleh-Nya membatasi asupan makanan sekitar daun atau biji per hari, dia roboh di sungai sambil mandi dan hampir tenggelam. Siddhartha mulai kembali ke jalan-Nya. Kemudian, dia diingat sebentar di anak di mana dia telah melihat ayahnya memulai musim dari pembajakan, dan dia telah jatuh ke dalam alam terkonsentrasi dan fokus negara yang gembira dan segar, yang jhana.


Pencerahan


Setelah asceticism dan berkonsentrasi pada meditasi dan Anapana-sati (kesadaran bernafas dalam dan luar), Siddhartha dikatakan telah menemukan apa Buddha panggilan Tengah jalan-jalan dari moderasi dari ekstrem dari kegemaran sendiri-sendiri dan malu. Ia menerima sedikit puding susu dan beras dari desa gadis bernama Sujata, yang salah dia percaya akan semangat yang diberikan itu yang diinginkan, seperti yang dia kerempeng tampilan. Kemudian, duduk di bawah Pipal pohon, sekarang dikenal sebagai pohon Bodhi di Bodh Gaya, India, ia bernazar untuk tidak pernah muncul sampai ia menemukan Kebenaran. Kaundinya dan sahabat-sahabatnya empat lainnya, percaya bahwa ia telah meninggalkan pencarian dan ia menjadi bandel, kiri. Meditating setelah 49 hari, pada usia 35, ia dicapai Enlightenment; menurut beberapa tradisi, ini terjadi di sekitar bulan kelima lunar, dan menurut orang lain di kedua belas. Gautama, dari pada itu, dikenal sebagai Budha atau "Satu terbangun." Budha kadang-kadang juga diterjemahkan sebagai "The Enlightened One." Seringkali, ia dirujuk ke dalam Buddhisme sebagai Shakyamuni Budha atau "The terbangun Salah satu Shakya Clan."

Pada tahap ini, ia menyadari diyakini memiliki kesadaran dan lengkap tentang sifat dan penyebab penderitaan manusia yang kejahilan, bersama dengan langkah-langkah yang diperlukan untuk menghilangkan itu. Ini kemudian menjadi 'Empat Noble kebenaran'; negara tertinggi kemerdekaan-kemungkinan untuk menjadi disebut-Nirvana. Dia kemudian datang ke diduga memiliki Sembilan Karakteristik, yang berkata kepada milik setiap Budha.

Menurut salah satu cerita di Āyācana Sutta (Samyutta Nikaya VI.1), yang ditemukan dalam Kitab Suci Pali dan lainnya canons, segera setelah Enlightenment, Buddha was wondering apakah dia harus mengajarkan Dharma ke manusia. Dia khawatir bahwa, sebagai manusia yang overpowered oleh keserakahan, kebencian dan khayalan, mereka tidak dapat melihat dharma yang benar, yang halus, mendalam dan keras untuk memahami. Namun, Brahma Sahampati, interceded dan bahwa ia mengajarkan dharma ke dunia, seperti "akan ada orang-orang yang akan mengerti Dharma". Dengan sangat kasihan kepada semua makhluk di alam semesta, Buddha setuju untuk menjadi seorang guru.

Setelah menjadi mendapat penerangan-penerangan, dua pedagang yang bertemu Buddha, bernama Tapussa dan Bhallika menjadi yang pertama meletakkan murid. Mereka diberi beberapa rambut dari kepala Budha, yang diyakini sekarang akan diabadikan di Shwe Dagon Bait di Rangoon, Burma. Buddha untuk kunjungan Asita, dan mantan guru, Alara Kalama dan Uddaka Ramaputta untuk menjelaskan temuan-Nya, tetapi mereka sudah meninggal.

Buddha sehingga journeyed ke Deer Park dekat Varanasi (Benares) di utara India, dia menggerakkan yang Wheel of Dharma oleh menyampaikan khotbah yang pertama untuk kelompok lima sahabat-sahabatnya dengan siapa dia sebelumnya mencari pencerahan. Mereka, bersama-sama dengan Budha, dibentuk pertama saṅgha, perusahaan dari rahib Buddha, dan karenanya, pertama pembentukan Tripel Gem (Buddha, Dharma dan Sangha) telah selesai, dengan Kaundinya menjadi yang pertama-enterer streaming. Semua lima segera menjadi arahants, dan dengan konversi Yasa dan lima puluh empat dari teman-temannya, jumlah arahants bera ke 60 dalam waktu dua bulan. Konversi dari tiga bersaudara Kassapa dan 200, 300 dan 500 murid bengul sangha yang lebih dari 1000, dan mereka dispatched dharma untuk menjelaskan kepada rakyat.

Tidak diketahui apa bahasa Buddha berbicara, dan tidak ada dokumentasi pasti telah dibuat pada saat ini. Namun, beberapa ulama modern, terutama philologists, ia percaya bahwa kemungkinan besar Budha berbicara terjemahan Injil dlm bahasa Latin yang saat itu di kawasan timur Indonesia, Mâgadhî Prakrit.

Perjalanan dan pengajaran

Untuk 45 tahun sisa hidupnya, Buddha dikatakan telah dijalani di Gangetic DATAR, dalam apa yang sekarang Uttar Pradesh, Bihar dan selatan Nepal, dia mengajar doktrin dan disiplin yang sangat beragam untuk berbagai-orang dari nobles ke outcaste jalan sweepers, murderers massa seperti Angulimala dan cannibals seperti Alavaka. Ini meluas ke banyak penganutnya dari saingan filsafat dan agama. Buddha mendirikan komunitas rahib Buddha dan biarawati (yang Sangha) untuk melanjutkan dispensasi setelah Parinirvāna (Pali: Parinibbāna) atau "lengkap Nirvana", dan membuat ribuan mengkonversi. Agamanya adalah terbuka untuk semua ras dan kelas dan tidak memiliki kasta struktur. Ia juga terganggu serangan oposisi dari kelompok agama, termasuk percobaan pembunuhan dan framings.

The sangha perjalanan dari tempat ke tempat di India, yang expounding dharma. Hal ini terjadi sepanjang tahun, kecuali selama empat bulan dari vassana musim hujan. Sehubungan dengan jumlah berat banjir, perjalanan yang sulit, dan ascetics semua agama pada saat itu tidak melakukan perjalanan, karena lebih sulit untuk melakukannya tanpa langkah tenggelam pada hewan hidup, tanpa disadari membunuh mereka. Selama periode ini, yang sangha akan mundur ke biara, taman publik atau hutan dan orang-orang akan datang kepada mereka.

Pertama telah dikeluarkan di vassana Varanasi sangha saat pertama kali dibentuk. Setelah ini, ia pergi ke Rajagaha, ibukota Magadha mengunjungi Raja Bimbisara, sesuai dengan janji setelah pencerahan. Ia yang selama ini kunjungan Sariputta dan Mahamoggallana telah diubah oleh Assaji, salah satu dari lima murid pertama; mereka menjadi Buddha terpenting dari dua murid. Buddha kemudian menghabiskan tiga musim berikutnya di Veluvana Bambu Grove biara di Rajagaha, ibukota Magadha. The biara yang moderat yang jauh dari pusat kota telah disumbangkan oleh Bimbisara.

Setelah mendengar dari pencerahan, Suddhodana dispatched delegasi kerajaan untuk meminta Budha untuk kembali ke Kapilavastu. Sembilan delegasi yang dikirim dalam semua, tetapi tamu bergabung dengan sangha dan menjadi arahants. Kelalaian dalam hal-hal duniawi, mereka tidak menyampaikan pesan mereka. Kesepuluh delegasi yang dipimpin oleh Kaludayi, anak seorang teman, mengakibatkan berhasil menyampaikan pesan yang juga menjadi salah satu arahant. Karena bukan vassana, Buddha disepakati, dan dua tahun setelah pencerahan, mengambil dua bulan perjalanan ke Kapilavastu oleh kaki, yang khotbah dharma di sepanjang jalan. Setelah kepulangannya, istana kerajaan yang telah disiapkan di tengah makan, tetapi tidak spesifik sejak undangan telah datang, maka sangha pergi untuk zakat di sepanjang Kapilavastu. Alat ini, Suddhodana hastened untuk mendekati Buddha, menyatakan "Kami adalah keturunan dari pahlawan Mahamassata, dan tidak ada satu pahlawan telah bersedekah mencari", yang Buddha menjawab

Itu bukan kebiasaan Anda kerajaan keturunan. Tapi itu yang saya kustom Budha keturunan. Beberapa ribu Buddhas telah oleh mencari zakat

Suddhodana kembali sangha yang diundang ke istana kerajaan untuk makan, diikuti dengan dharma talk, setelah mana ia menjadi seorang sotapanna. Selama kunjungan, banyak anggota keluarga kerajaan yang bergabung dengan sangha. His cousins Ananda dan Anuruddha telah menjadi dua orang murid kepala lima. Anaknya Rahula juga bergabung dengan sangha pada usia tujuh, dan merupakan salah satu dari sepuluh murid utama. Nya setengah-saudara Nanda juga bergabung dengan sangha dan menjadi arahant. Lain sepupu Devadatta juga menjadi rahib walaupun ia kemudian menjadi musuh dan mencoba untuk membunuh Budha pada beberapa kesempatan.

Dari murid-murid-Nya, Sariputta, Mahamoggallana, Mahakasyapa, Ananda dan Anuruddha terdiri lima ketua murid. Sepuluh terutama murid-murid-Nya telah selesai pada kwintet dari Upali, Subhoti, Rahula, Mahakaccana dan Punna.

Pada kelima vassana, Buddha yang tinggal di Mahavana dekat Vesali. Pendengaran yang mendatang kematian Suddhodana, Buddha pergi ke ayahnya dan berkhotbah yang dharma, dan Suddhodana menjadi arahant sebelum kematian. Kematian dan pembakaran menyebabkan penciptaan susunan biarawati. Buddha teks catatan bahwa dia enggan untuk menobatkan perempuan sebagai biarawati. Nya ibu angkat Maha Pajapati mendekati dia meminta untuk bergabung dengan sangha, tetapi Buddha menolak, dan mulai dari Kapilavastu perjalanan kembali ke Rajagaha. Maha Pajapati itu maksud renouncing pada dunia bahwa ia memimpin sekelompok Sakyan dan kerajaan Koliyan wanita, mengikuti sangha ke Rajagaha. Buddha akhirnya mereka diterima lima tahun setelah pembentukan yang Sangha atas dasar bahwa mereka kemampuan untuk pencerahan adalah sama dengan laki-laki, tetapi ia memberi mereka tambahan beberapa peraturan (Vinaya) untuk mengikuti. Hal ini terjadi setelah Ananda interceded pada mereka. Yasodhara juga menjadi biarawati, dengan keduanya menjadi arahants.

Selama pelayanannya, Devadatta (yang bukan arahant) sering mencoba untuk meremehkan Buddha. Pada satu titik Devadatta ditanyakan Buddha untuk berdiri selain untuk memberitahu dia memimpin sangha. Buddha menolak, dan menyatakan bahwa tindakan-tindakan Devadatta tidak mencerminkan pada Tripel Gem, tetapi dia sendiri. Devadatta conspired dengan Pangeran Ajatasattu, putra Bimbisara, sehingga mereka akan membunuh dan merebut Buddha Bimbisara dan masing-masing. Devadatta tiga kali berusaha untuk membunuh Budha. Pertama mencoba melibatkan hiring dari sekelompok archers, yang pada pertemuan Buddha menjadi murid. Kedua diikuti ketika mencoba Devadatta berusaha untuk roll besar batu bawah bukit. It hit rock dan lain splintered, hanya grazing Buddha di kaki. J akhir mencoba plying oleh sebuah gajah dengan alkohol dan pengaturan yang longgar lagi gagal. Kegagalan ini, Devadatta berusaha untuk menimbulkan perpecahan dalam sangha, ajukan oleh pembatasan tambahan pada vinaya. Ketika Buddha ditolak, Devadatta memulai Breakaway pesanan, criticising Buddha dari kelalaian. Pada awalnya, ia berhasil mengubah beberapa bhikkhus, tetapi Sariputta dan Mahamoggallana expounded yang dharma kepada mereka dan berhasil memenangkan mereka kembali.

Ajaran


Beberapa sarjana percaya bahwa beberapa bagian dari Pali Canon dan Agamas dapat berisi substansi yang sebenarnya dari ajaran sejarah (dan bahkan mungkin kata-kata) dari Buddha. [18] [19] Ini bukan hal untuk kemudian Mahayana sutras. [20] The injili karya awal Buddhisme Mahayana mendahului yang bekerja kronologis, dan dianggap oleh banyak sarjana Barat sebagai sumber utama untuk memperoleh informasi tentang sejarah yang sebenarnya dari ajaran Buddha Gautama.

Beberapa dasar dari ajaran Buddha Gautama adalah:
Empat Noble kebenaran: penderitaan yang inheren merupakan bagian dari keberadaan; yang asal menderita adalah ketidaktahuan dan gejala yang utama adalah ketidaktahuan dan lampiran perdambaan; dan lampiran yang perdambaan dapat dihentikan, dan yang mengikuti jalan Noble delapan akan memimpin kepada penghentian dari lampiran dan perdambaan dan karenanya menderita.
The Noble delapan Path: memahami hak, hak berpikir, hak bicara, hak tindakan, hak hidup, hak usaha, right mindfulness, konsentrasi dan kanan.
Tergantung keturunan: bahwa fenomena 'ada' hanya karena 'keberadaan' lain fenomena di web yang kompleks dan menimbulkan efek yang meliputi waktu yang lalu, sekarang dan masa depan. Karena semua hal yang disyaratkan dan beginilah sementara (anicca), mereka tidak punya identitas independen (anatta).
Penolakan dari keadaan tak dpt berbuat kesalahan yang diterima kitab: Ajaran tidak boleh diterima, kecuali jika mereka borne oleh pengalaman kami dan memuji dengan bijak. Lihat Kalama Sutta untuk lebih jelasnya.
Anicca (Sanskerta: anitya): Itu semua hal-hal yang tidak permanen.
Anatta (Sanskerta: anātman): Itu persepsi yang konstan "diri" adalah sebuah ilusi.
Dukkha (Sanskrit: duḥkha): Itu semua makhluk yang menderita dari semua situasi karena tidak jelas diketahui.

Namun, di beberapa sekolah Mahayana, titik-titik ini telah datang ke dipandang sebagai kurang lebih anak perusahaan. Ada beberapa pertentangan di antara berbagai sekolah dari Buddhisme selama lebih esoterik aspek ajaran Budha, dan juga melalui beberapa peraturan disiplin bagi rahib.

According to tradition, the Buddha emphasized ethics and correct understanding. He questioned the average person's notions of divinity and salvation. He stated that there is no intermediary between mankind and the divine ; distant gods are subjected to karma themselves in decaying heavens; and the Buddha is solely a guide and teacher for the sentient beings who must tread the path of Nirvāṇa ( Pāli : Nibbāna) themselves to attain the spiritual awakening called bodhi and see truth and reality as it is. The Buddhist system of insight and meditation practice is not believed to have been revealed divinely, but by the understanding of the true nature of the mind, which must be discovered by personally treading a spiritual path guided by the Buddha's teachings.

Advertisement

Advertisement